Ternak Kelinci Hias: Pakan Kelinci Yang Baik

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.



Ternak kelinci hias. Hai sobat kelinci, pekan ini saya mendapat musibah neh, satu kelinci tumbang (meninggal) karena salah perawatan. Ceritanya begini, sewaktu saya mau berangkat kerja kondisi kelinci saya masih sehat wal afiat, tapi pas pulang kelinci dah tidak bernyawa lagi, usut punya usut ternyata anak-anak ngasih kelinci daun singkong yang masih seger, jadi dah tuh kelinci mencret dan hanya hitungan jam, menghembuskan nafas terakhir. hiks. Nah dengan kejadian itu kayaknya saya pengen share sama sobat kelinci tentang pakan kelinci yang baik.

Mengingat beberapa tahun dulu saya sempet bingung tentang pakan kelinci yang baik, takut kalau ngasih pakan yang salah bakal menyiksa kelinci, sampai bisa menghilangkan nyawa kelinci.

 Yang bisa sampulkan dari beberapa tahun merawat kelinci bahwa pakan kelinci yang baik adalah pakan yang seimbang, seimbang kualitas dan juga seimbang kuantitasnya (banyaknya).

 Makanan buatan pabrik (pelet).
Makanan jenis ini memang sekarang banyak jenisnya, ada guyofeed, ada skr, dan lain-lain. sobat kelinci bisa memakai jenis pakan ini jika dalam kondisi tidak ada rumput liar atau sobat pemula atau lagi belajar ternak kelinci, saya sendiri awal-awal ternak kelinci ya make pelet ini buat melajarin pola makannya.

 Apakah cukup hanya dengan pelet ini..? tergantung kondisi sobat kelinci, jika dengan pelet saja kelinci sudah nyaman dan cukup ndak masalah, namun ada beberapa kelinci yang membutuhkan nutrisi tambahan, seperti vitamin dan jamu kelinci. Tapi secara keseluruhan ternak kelinci relatif aman (sangat jarang sekali ada penyakit)

 Makanan alami (rumput liar)
Ada sebagian peternak kelinci yang bilang bahwa pakan kelinci yang baik adalah rumput. Namun bagi saya pribadi pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. memang dialam bebas kelinci akan banyak makanan hijauan di alam. Tapi jika kembali pada kondisi kelinci saat ini dia berada di kandang, so apa yang kita berikan mau ndak mau itulah yang harus dimakan kelinci, ndak ada pilihan lain.

 Nah jika kita hanya memberikan rumput saja, saya pikir kita hanya akan berjalan di tempat, sementara kita belajar ternak kelinci ini khan pengen semakin besar dan besar khan…? so jika kondisi daerah sobat kaya akan bahan-bahan alami, sekalian aja belajar ngeracik pelet sendiri, bahan-bahannya tidak sulit kok.

Oke sobat kelinci sya cukupkan dulu yah share saya tentang pakan kelinci yang baik, jika ada yang kurang jelas atau salah dalam saya memaparkan ya langsung dikoreksi aja yah…...

2 comments:

  1. waahh, baru kali ini saya baca tulisan tentang kelinci.. siipp.

    ReplyDelete
  2. hehehhehe...hehehhe semoga bermanfaat sist....

    ReplyDelete