Ternak Kelinci Hias: Pakan Kelinci

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.
Ternak kelinci hias. sobat kelinci, semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan, tidak terkecuali kelinci kita. Tidak jarang sobat-sobat kelinci kita yang pada awalnya coba memelihara kelinci merasa kebingungan dan bertanya-tanya “apa pakan kelinci yang bagus?”, terlebih lagi mungkin ada yang sedikit trauma karena beberapa kali memberikan hijauan ke kelinci, tapi bukannya membuat kelinci sehat, malah kelinci yang dijaga-jaga mendadak mencret dan berakhir dengan kematian.


Nah apa sobat juga mengalami hal demikian? hehehhe…..hehhehe tidak cuman sobat aja, saya pun mengalami hal serupa, so itu sangat wajar, dan memang sobat kelinci dan termasuk saya harus belajar dari hal tersebut.

Nah biar sobat kelinci yang lain tidak mengulangi kesalahan kita lagi, yuk kita sedikit bahas tentang pakan kelinci.

Pakan kelinci yang utama: Sayur/ Hijau-hijauan
lho kok makanan pokok kelinci sayuran bukannya entar malah mencret tuh kelinci?, begini sob, sejatinya kelinci adalah herwan herbivora, ini artinya kelinci adalah pemakan tumbuh-tumbuhan. Nah tinggal kita sebagai pemeliharanya harus paham, seperti apa sayuran atau hijauan yang bagus dan tidak menenyebabkan kematian pada kelinci.

sobat kelinci, jika di alam bebas kelinci akan bisa memilih dengan sendirinya mana makanan yang disukai dan menyehatkan, sementara jika kita kandangin, tentu kondisi akan berbeda. kelinci yang ada di dalam kandang tentu tidak mempunyai pilihan selain memakan yang di sajikan oleh peternak.

untuk menyiapkan hijauan sebagai pakan kelinci yang bagus adalah dengan mengurangi kadar air pada hijauan tersebut, dengan dikuranginya kadar air, tentu kadar serat kasar akan meningkat per beratnya, karena kadar air yang tinggi pada hijauan akan menyebabkan kelinci mencret dan bisa-bisa berujung pada kematian.

Contoh hijauan yang baik untuk kelinci antara lain:

  • Rumput lapangan (paling bagus rumput Timothy, pada bagian atasnya terdapat “ekor kucing”)
  • Limbah sayuran (kangkung, sawi, wortel, lobak, kol, daun singkong), tapi membuat sering kencing.
  • Daun kacang tanah
  • Daun dan batang jagung,
  • Daun papaya
  • Daun pisang
  • Daun lamtoro.


Oke sobat kelinci sampe sini dulu yah, besok kita sambung lagi yah….