Ternak Kelinci Hias: Jenis Kelinci Pedaging

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.


Ternak kelinci hias. sobat kelinci sepertinya ini adalah tulisan yang ke enam dari serangkaian tulisan saya tentang kelinci pedaging, memang saya tidak membahas tuntas masalah kelinci pedaging di blog kelinci hias ini, sobat bisa menikmati semua info kelinci pedaging di ebook saya, di sana saya paparkan secara gamblang semua tentang bagaimana ternak kelinci pedaging mulai dari nol.



Dan kali ini kita bakal bahas apa aja sih jenis kelinci pedaging.

Sejauh yang saya ketahui dan lakukan, kelinci pedaging bisa diambil dari kelinci yang berjenis kelinci sedang sampai besar. dari jenis kelinci besar yang terkenal adalah:

Kelinci Flemish gian
Dari namanya apa yang terbayang oleh sobat semua? yup benar, tubuh yang besar dan juga ukuran yang ndak tanggung-tanggung dari kelinci lainnya. Dilihat dari segi usia, kelinci ini bisa hidup sampai umur lima tahun, sementara berat badan bisa mencapai 6 kiloan, namun ada juga yang bisa melebihi bobot tersebut. Warna yang banyak di temukan dari jenis kelinci ini adalah,hitam,biru,cokelat,abu-abu terang,abu-abu,dan putih.

New zealand white
Pilihan kedua untuk kelinci pedaging adalah jenis kelinci ini, dengan ukuran badan yang medium tapi dengan kandungan daging yang gempal, disertai bulu yang tebal dan halus menjadikan kelinci ini layak untuk diternakkan. Berat atau bobot badan kelinci jenis ini berkisar 5.5 Kg per ekornya pada usia dewasa. Selain tampilan yang mempesona, kemampuan melahirkan anakan juga sangat luar biasa, dalam sekali lahiran kelinci new zealand ini mampu melahirhan 10-12 ekor.

Rex
Nah sobat kelinci kalau yang ini adalah kelinci favorit saya, kelinci ini memang awalnya adalah salah satu kelinci hias, tapi dengan postur badan yang kaya daging ditambah lagi kualitas daging kelinci rex sangat lezat, sehingga sebagian peternak menjadikan kelinci ini sebagai sumber daging, atau kelinci pedaging. Memang saya akui, kelinci ini memiliki bulu yang cantik, tidak panjang tapi tekstur lembut dan warna yang unik, ini yang menjadikan kelinci ini relatif aman dibandingkan dengan jenis kelinci yang berbulu panjang seperti kelinci hias angora.

Di dunia perkelincian ada 16 jenis kelinci rex ini, ini dia penampakannya: