Ternak Kelinci Hias: Kandang Kelinci Outdoor

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

Ternak Kelinci Hias. Sobat kelinci, dimana kah idealnya pelihara kelinci hias...? di dalam rumah (kandang kelinci indoor) atau di luar rumah (kandang kelinci outdoor), semuanya apapun pilihan sobat kelinci, masing memiliki sisi positif dan juga sisi negatif.

Sebelum kita bahan sisi positif negatif, saya pengen lurusin dulu yah pemahaman kandang kelinci indoor dan juga kandang kelinci outdoor.


Jika dulu orang cenderung mengartikan kalau kandang kelinci indor harus di dalam rumah, satu atap dengan pemeliharanya...hehhe..eheh. Tapi sekarang, dengan jumlah yang semakin banyak, kandang kelinci indoor bisa berupa bangunan besar, lalu di dalamnya diletakkan banyak kandang-kandang kecil.
Sementara kandang kelinci outdoor sepertinya tidak mengalami perubahan pengertian dari jaman dahulu sampai zaman sekarang, dari zaman kambing makan rumput sampai kambing makan roti...hehehhe...hehehe

nah apa aja sih yang perlu diperhatikan kalau bikin kandang kelinci outdoor ini....?

faktor yang sangat membedakan adalah gangguan dari luar, seperti cuaca dan juga gangguan pemangsa atau hewan predator lain.

Seperti apa sih gangguan cuaca yang dimaksud...? yang saya maksud adalah hujan, panas, dan juga hembusan udara. Jika sobat kelinci membuat kandang kelinci outdoor, maka pastikan terlebih dahulu lokasi kandang yang akan dibuat memiliki banyak pohon disekitarnya, akan jauh lebih baik jika kandang kelinci berada dibawah pohon besar, sehingga saat siang hari, dimana kondisi suhu sedang di puncak-puncaknya, kelinci akan terlindungi dari panasnya sinar matahari yang membakar....jjeeaahhhh...hhh bahasanya lebay banget ya sobat kelinci...? hehhe...heheh.

Nah begitu juga jika saat hujan, usahakan membuat kandang kelinci outdoor yang memiliki desain hempasan air hujan tidak mengenai kelinci, kenapa....? ya kasihan lah sobat kelinci, kelinci hampir sama dengan kucing, dia ndak butuh mandi, karena proses pembersihan dirinya cukup dengan jilatannya saja. Oh ya untuk bahan kandangnya saya rasa ndak perlu dibahas yah...? karena masing-masing bahan punya kelebihan dan kekurangannya.

Saya rasa itu dulu ya sobat kelinci, minggu depan kita sambung lagi.