Ternak Kelinci Hias: kandang Kelinci

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

Ternak Kelinci Hias. Sobat kelinci, semua makhluk hidup pasti memiliki tempat tinggal untuk dia beristirahat, entah itu tempat tinggal sementara atau tempat tinggal yang permanen (untuk waktu yang lama). Dan untuk peliharaan kita sekaligus “mesin uang” buat kita, kita harus menyiapkan kandang kelinci yang bener-bener nyaman dan sehat.

Terkadang ada persepsi yang kurang tepat para sobat kelinci, kandang yang mahal pasti bagus dan sehat. Persepsi ini tidak sepenuhnya benar lho sobat kelinci, jika kandang yang dimaksudkan tersebut karena berbahan kokoh, tidak karatan, dan juga warnanya menarik, jujur saya katakan kelinci kita tidak membutuhkan hal seperti itu. Lalu apa yang dibutuhkan kelinci tentang kandang kelinci…?
Kandang yang minim bau.

Memang tidak sepeka anjing atau kucing penciuman kelinci, tapi kelinci adalah hewan yang sangat suka kebersihan. Di alam liar, kelinci akan membuang kotorannya jauh-jauh dari tempat ia beristirahat, berbeda dengan kucing yang lebih suka menimbun kotorannya. Nah sobat kelinci, dari hal tersebut, sudah ketahuan bahwa kelinci akan sangat mudah stress jika kandang kelinci yang ia tempati menyimpan bau kotorannya, entah itu dari kencing atau pup.

Lalu dengan gimana biar bau tidak tersimpan di dalam kandang kelinci…?

pertama pilihlah bahan yang tidak menyerap air, seperti kawat galvanis atau bambu yang bagian mengkilapnya diletakkan diposisi atas. Kedua, dengan membersihkan berkala. Di tempat saya jika memberikan pakan berupa rumput, pembersihan kandang akan lebih sering karena banyaknya makanan yang nyangkut di sela-sela kandang.

Desain kandang yang sehat.

Desain kandang ternyata sangat berpengaruh banget lho sobat kelinci, kelinci membutuhkan udara yang segar (sirkulasi udara lancar) dan juga saat dia membuang kotoran, kotoran tersebut secara sendirinya meninggalkan kelinci. hhhmmmm….mmmmm terus gimana desainnya…? wah nanti saya naikin dulu yah gambarnya, yang pasti hasil akhirnya aja ya, soale kalo masih pure desain saya diprotes sama yang bikin desain….hehhehe...hehehe

Oke lah sobat saya kira cukup ya buat pemanasan perkandangan kelinci, nanti kita sambung lagi.