Ternak Kelinci Hias: Ternak Kelinci Pedaging

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

Ternak kelinci hias. sobat kelinci jika posting sebelum-sebelumnya kita sering berbicara tentang kelinci hias, sepertinya untuk delapan posting ke depan kita akan sedikit kupas tentang ternak kelinci pedaging.


Berbicara tentang kelinci pedaging sepertinya tidak akan lepas dengan yang namanya makanan, nah sobat kelinci sekalian, di sinilah letak keuntungan kita. wilayah negara kita sepanjang tahun panen sinar matahari, ini artinya apa bahan makanan utama kelinci akan tersedia sepanjang tahun, di negara empat musim hal ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Nah berbicara tentang kelinci pedaging, tentu orientasinya akan berbeda dengan kelinci hias, jika pada kelinci hias, orientasi peternakan akan bertumpu pada kualitas bulunya, sementara pada peternakan kelinci pedaging akan berorientasi pada penambahan berat badan kelinci.


Tentang Kelinci Pedaging
Namanya juga pedaging, so bisa dipastikan bahwa kelinci yang digunakan adalah kelinci dari jenis sedang sampai besar.


Dari jenis sedang, ada beberapa jenis kelinci, seperti: kelinci rex, dan new zealand white. Dan dari jenis besar ada si flemish giant.


Dan beberapa saat sebelum posting ini saya menemukan salah satu blog peternak kelinci di jawa timur, ternyata mereka telah berhasil menyilangkan antara jenis flemish dan new zealand white. tapi saya belum tau sobat apakah janis ini sudah resmi atau belum.


Nah sobat kelinci pada postingan kali ini saya coba membatasa dulu yah, bahwa kali ini kita akan membicarakan potensi cepatnya kita beternak kelinci pedaging, nah mungkin selanjutnya kita akan tambah ilmunya sampai mekanisme atau perputaran kelinci di kandang.


Potensi kelinci: kecepatan reproduksi.
sobat kelinci, untuk kelinci jenis sedang, kematangan reproduksi terjadi pada sekitar umur 5-7 bulan, kalau untuk pejantan sangat mudah sobat kelinci, jika testis telah muncul, maka kelinci pejantan ini sudah siap membuahi (kami sering menamakan dengan sebutan kimpoi).


oke balik ke topik, kecepatan reproduksi kelinci ini sangat mengagumkan sobat, ini dengan syarat kita bisa memperkecil potensi mortalitas (kematian anakan) pada kelinci.


Dalam satu kali lahiran kelinci mampu beranak sampai 12 ekor, kita tidak usah muluk-muluk, misal kita asumsikan 6 ekor yang selamat sampai hidup, dalam setahun kelinci bisa beranak 3 kali, maka dalam setahun akan ada kelinci baru sebanyak 18 ekor, ini dari 1 indukan betina, sementara 1 pejantan bisa dipasangkan dengan sekitar 9an ekor betina

hhhmmmmm sepertinya kita dah memiliki mesin uang di rumah kita...hehhehe….hehehhe, tapi perlu diingat sobat ini hanya hitung-hitungan di atas kertas, realnya sangat tergantung sekali dengan perhatian kita pada peternakan kita, di tempat saya bisa diatas hitungan tersebut, minimal sama. so tetap terus-menerus memperkaya diri dengan pengetahuan yah sobat kelinci.