Ternak Kelinci Hias: Jenis Kelinci Hias part I

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

Ternak kelinci hias. Tampilan yang anggun dan lucu ditambah lagi tipe hewan ini adalah jinak semakin menambah kharisma kelinci hias, waduh bahasanya kok jadi gini……, hehehhehe…. ndak apa lah sobat kelinci, intinya hewan kesayangan ini mempunyai nilai karakteristik yang wow….. siapapun yang melihatnya merasa tertarik. So kali ini kita bahas yuk jenis kelinci hias.

Berbicara tentang kelinci hias apalagi tentang asal usulnya akan menjadi panjang, karena di dalam banyak literarur beberapa masih belumlah jelas. Pada awalnya kelinci hias ini diperkirakan berasal dari dataran Perancis yang kemudian di bawa oleh para pelaut Inggis sekitar tahun 1923. Nah pada tahun 1977 inilah banyak menjamur peternakan kelinci di dataran Eropa barat di susul pada 1990an peternakan kelinci banyak menjamur di Amerika.

Dan dengan berkembangnya penelusuran asal usul kelinci, mulai terungkap bahwa asal usul kelinci hias diperkirakan berasal dari Turki, hal ini dikaitkan dengan adanya spesies kucing jenis anggora dan juga kambing, tepatnya di kota Angkara-Turki.


Jenis kelinci Anggora ini ada 3 macem ( sumber : www.animalworld.com ) :

Kelinci Anggora Inggris


Ciri khas kelinci ini memang sangat unik dan sudah tenar di dunia perkelincian, dengan bulu yang hampir menutupi seluruh tubuh, kelinci ini sering menjadi primadona dalam kontes-kontes kelinci yang sering di adakan, saking lebatnya bulu bahkan sampai-sampai tidak bisa membedakan antara wajah dan telinga. Tapi sobat kelinci harus ingat yah, perawatan kelinci jenis angora ini ndak sembarangan, sobat kelinci harus sering nyisirin bulunya biar ndak gimbal. Oh yah berat kelinci Anggora ini sekitar 3.5 Kg untuk ukuran dewasa.

Kelinci Anggora Perancis.

Berbeda dengan jenis kelinci hias Anggora yang sampai-sampai tidak bisa membedakan mana telinga dan wajah, kelinci jenis Anggora perancis ini jumlah bulu pada bagian telinga, wajah, dan juga kaki relatif lebih sedikit, dan bulu pada badannya mempunyai ciri khas kasar dan mudah sekali gimbal. Dengan berat badan antara 2.8 sampai 4.5 Kg, kelinci ini mudah di rawat.

Kelinci Anggora satin.

Kelinci jenis ini mempunyai ciri khas bulu yang lembut dan berkilau, sementara kuantitas bulunya hampir sama dengan jenis kelinci Anggora perancis, yakni pada bagian telinga, wajah, dan kaki tidak terlalu banyak.

Kelinci Anggora giant.

hhhmmmm dari namanya saja saya pikir sobat kelinci dah pada tahu khan…..? yup bener sekali, ini adalah jenis kelinci angora dengan badan yang bongsor.

Oke dah sobat nanti saya sambung lagi bahasan jenis kelinci hias, kalo ada yang perlu di tambahkan silahkan banget sobat….

Oh yah saya dah nambahin postingannya sobat kelinci, untuk lanjutannya silahkan meluncur ke jenis2 kelinci hias