Ternak Kelinci Hias: Jenis2 Kelinci Hias

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

Ternak kelinci hias. selamat siang sobat kelinci semuanya……, gimana kabar hari ini….? wah hari ini kelinci saya yang indukan kayaknya lagi ngambek tuh. Ndak mau nyusuin anaknya, jadi sedikit saya kondisikan tuh indukannya agar mau nyusuin. hhhmmmm Insay Allah dah nanti saya tayangin vidionya.
Oke sobat kelinci, di postingan sebelumya sudah kita bahas jenis-jenis kelinci hias, nah karena di postingan sebelumnya saya dah kadung janji mau ngelengkapin jadinya kali ini saya tambahin lah yah info tentang jenis2 kelinci hias. Nah kalo sobat belum baca silahkan meluncur ke postingan jenis-jenis kelinci hias part I. Oke ke pembahasan kelinci selanjutnya yah….

Kelinci Satin


Pada tahun 1930an kelinci ini diperkirakan ditemukan di Amerika serikat, ciri khas kelinci ini terletak pada bulunya yang agak lebat dan lurus. Berat badan kelinci satin betina ini lebih berat dari pada si pejantan, yakni sekitar 4.2 sampai 5 Kg. Sementara untuk pejantan bobot normalnya antara 3.8 sampai 4.3 Kg. Dengan ciri khas bulu seperti ini kelinci satin banyak dimanfaatkan untuk bahan jaket kulit di banyak negara dengan 4 musim.

Kelinci Satin adalah hitam, biru,california,chinchilla, coklat, perak merah, putih bewarna merah, siam dan otter. Warna berkilau indah, menyebabkan baris rambutnya lebih tipis. Jarak bulu-bulunya padat berdekatan dengan bulu yang lembut dibagian perut.

Rata-rata induk melahirkan stabil antara 7 - 10 ekor. Tidak baik mengawinkan rek dengan satin , pengalaman membuktkan keturunannya akan rentan fisik.

Kelinci Lop

Nah sobat kelinci, dari tadi kita ngebahas jenis-jenis kelinci dengan keistimewaan bulu-bulunya. Nah kali ini kita akan bahas salah satu jenis kelinci favorit saya: Lop. Kelinci jenis lop ini istimewa buat saya karena bentuk telinganya yang menjuntai.

Dan jenis-jenis lop ini juga ada beberapa yah sobat kelinci, diantaranya: Holland Lop, Fuzzy Lop, dan Mini Lop

Fuzzy Lop

jenis Fuzzy lop memang agak mirip dengan kelinci yang akan kita bahas nanti, yakni Holland lop. Perbedaan diantara keduanya terletak pada bulunya. Nah pada kelinci Fuzzy lop ini memiliki bulu yang lebih lebat dibandingkan dengan holland lop.

Holland Lop

hehheheh….hehheheh dari gambarnya aja dah bikin gemes khan sobat kelinci ….?, menurut catatan saya, kelinci holland lop ini merupakan persilangan antara kelinci Nederland Dwarf dengan jenis French Lop. Persilangan ini dilakukan sekitar tahun 1949 oleh Andrian DeCock. Jika dari berat badannya, kelinci ini tidak terlalu besar, hanya memiliki bobot atau berat badan rata-rata 2 Kg.

Ciri khas lain dari kelinci jenis ini adalah pada badannya, dengan bahu yang luas dan dada agak masuk ke dalam, di tambah lagi dengan telinganya yang menjuntai serta kaki yang besar tapi pendek bener-bener seperti pose anjing. Dari segi bulu yang dimiliki, warna bulunya beragam antara lain : hitam, abu-abu,putih,coklat,kombinasi 3 warna terkadang kuning kecoklat-coklatan ada pula yang memeliki bulu seperti kura-kura.

Mini Lop

Namanya juga mini, pasti kecil lah sobat kelinci….hehhehe…. dengan bobot hanya 1.8 Kg kelinci ini bisa dikategorikan kelinci jenis kecil. Kelinci ini dihasilkan dari persilangan 2 jenis kelinci, yakni Holland Lop dengan Nederland Dwarf, kemudian di kembangkan di Amerika sampai sekarang.

Oke dah sobat kelinci lumayan juga neh nulis tentang jenis2 kelinci hias, tapi semoga bisa memberi manfaat buat sobat sekalian.