Ternak Kelinci Hias: Kandang Ternak Kelinci

Buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.


Ternak kelinci hias. wah sobat kelinci kayaknya dah jauh aja neh bahasan kita masalah kelinci pedaging, tapi saya kayaknya masih punya hutang tuh sama sobat kelinci semua, beberapa di postingan saya, saya potong dan belum bisa nyelesaiin lanjutannya, seperti postingan sebelumnya tentang cara ternak kelinci pedaging, tapi okelah sebagian sobat kelinci dah ada gambaran.

Oh yah saya punya usul, sobat kelinci kalau males baca tulisan, tonton aja yah video-video kelinci saya, Insya Allah banyak manfaatnya kok. silahkan meluncur ke video ternak kelinci di sini.

Oke sobat kelinci, sekarang yuk kita bahas masalah kandang kelinci.

saya sering lho sobat menerima pertanyaan-pertanyaan masalah penyakit kulit pada kelinci, dan hampir kebanyakan bersumber pada masalah kebersihan kandang. Temen-temen kita ini mungkin beranggapan dengan membeli kandang yang bagus kebersihan akan tetap terjaga dan kelinci akan sehat wal afiat….., tapi tidaklah demikian masalahnya. Kandang yang sehat akan tercipta dengan desain atau rancangan yang tepat, peletakan posisi yang tepat, dan pelaksanaan operasional kandang yang tepat.

Berikut ini saya berikan bocoran buku saya tentang kelinci pedaging.

Sinar Matahari

saya mungkin ndak bahas panjang lebar yah manfaat sinar matahari buat makhluk hidup. Sinar matahari akan sangat membantu memelihara kesehatan kandang, dengan adanya sinar matahari yang bisa menyinari kandang, makan hal ini akan bisa mengurangi kelembaban dan juga bisa menghilangkan beberapa jamur dan bakteri yang merugikan kelinci. Dan sinar matahari yang paling bagus adalah sebelum jam 09.00.

Berikan jarak alas dengan penampung kotoran.

kelinci merupakan tipikal hewan yang sangat bersih lho sobat. Di alam bebas, kelinci akan membuang kotorannya jauh-jauh karena kelinci akan merasa terganggu dengan bau kotorannya, berbeda dengan anjing atau kucing yang cuek dengan kotorannya.

sebenarnya ada dua solusi lho sobat, pertama berikan jarak antara alas kandang dengan tanah atau penampung kotoran sebesar 0.5 meter atau 50 cm, dan kedua, sobat bisa membuat bidang miring untuk mengalirkan kotoran menjauhi kelinci.

Buat alas kandang yang kokoh

hal ini saya alami saat membuat kandang sendiri dari bambu, saat memotong bambu buat alas ternyata ukurannya terlalu kecil, sehingga hasil akhirnya alas kandang memantul atau goyang. Ternyata sobat kelinci, hal ini menimbulkan ketidaknyamanan pada kelinci. Lho kok tau? saya melihat selesai pemindahan sampai beberapa bulan, kelinci saya ini ternyata ndak aktif bergerak sobat di dalam kandang baru, tapi ketika saya coba pindahkan ke kandang yang alasnya kokoh, kelinci aktif bergerak kembali.

Nah mungkin cukup yah sobat, jika sobat pengen memperdalam ilmu tentang kandang kelinci, sobat kelinci bisa membeli ebook saya, ndak cuman ebook yang sobat dapatkan, ada bonus-bonus lain yang menarik lho sobat.

No comments:

Post a Comment